EXPOSTASE: Kiat Pintar Trekking bagi Pemula Kiat Pintar Trekking bagi Pemula | EXPOSTASE

Kiat Pintar Trekking bagi Pemula

SEBELUM memulai trekking banyak yang harus diperhatikan. Terlebih jika trekking merupakan pertama kalinya. Malah, saat ini olahraga petualangan seperti trekking atau hikking sedang tren.
Dilansir dari situs perjalanan Pegi-pegi, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan trekking agar perjalanan lancar dan menyenangkan.


Berlatih
Jangan coba-coba melakukan trekking di gunung berketinggian ekstrim jika belum memiliki pengalaman yang cukup. Lebih baik coba lakukan trekking di rute jarak pendek untuk mengetahui seberapa jauh kekuatan fisik. Sesudah itu coba lakukan trekking di tempat-tempat yang jaraknya lebih jauh, misalnya ke dalam hutan atau berjalan menyusuri pantai. Lambat laun akan menemukan cara mengatur tenaga dan pernafasan, sehingga langkah kaki akan menjadi lebih cepat dan tidak terlalu sering berhenti istirahat.


Alas kaki
Gunakan alas kaki yang sesuai dengan medan tujuan agar perjalanan tidak terhambat. Misalnya ketika ingin trekking ke dalam hutan, hindari memakai sandal jepit atau sandal gunung untuk menghindari resiko kaki terancam bahaya. Lebih baik, pilihlah alas kaki yang memiliki daya cengkram kuat seperti sepatu boots. Jangan lupa memeriksa alas kaki yang digunakan dan pastikan tidak ada bagian yang mengalami kerusakan.


Pakaian
Anda perlu memperhatikan pakaian yang digunakan saat melakukan trekking. Kalau mau trekking di sekitar hutan yang terletak di pegunungan, jelas tidak mungkin kalau hanya pakai mini atau celana pendek saja. Selain mengenakan celana panjang khusus untuk kegiatan outdoor dan kaus, tentu saja harus memakai jaket dan topi agar tidak kepanasan. Tapi perhatikan juga jenis jaket yang dipakai, karena bisa kepanasan dan kelelahan jika jaket yang dibawa terlalu tebal.

Olahraga
Ada baiknya memang sebelum memulai trekking adalah dengan melakukan pemanasan dengan rajin berolahraga seperti lari atau jogging. Hal ini untuk mengukur kekuatan kaki Anda. Berolahraga sebelum melakukan trekking juga bisa menjadi bekal untuk menopang tubuh agar tidak mudah lelah. Beberapa jenis olah raga yang bisa dilakukan untuk memperkuat daya tahan kaki adalah berenang, jogging atau scot jump.


Bekal dan peralatan
Selain membawa makanan dan minuman, Anda perlu membawa losion anti nyamuk, peta, alat komunikasi dan juga senjata. Senjata akan berlaku jika memilih lokasi trekking di suatu lokasi yang belum terjamah sebelumnya. Selain itu, alat komunikasi yang sebaiknya dibawa adalah walkie talkie atau ponsel dengan daya jangkauan sinyal yang kuat. Bawalah tenda dan peralatan tidur praktis seperti sleeping bag jika berencana bermalam di tengah perjalanan.

edit/source : okezone/iyuza
YUSUF

Hai, saya adalah seorang Digital Marketing dan Content Writer dan sangat menyukai dunia otomotif dan travel. Salam kenal :)

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama