EXPOSTASE: Kampung Cina | Wisata Kota Cibubur Kampung Cina | Wisata Kota Cibubur | EXPOSTASE

Kampung Cina | Wisata Kota Cibubur

Kampung cina terdapat di kawasan perumahan kota cibubur Jakarta, untuk mencapainya tidak terlalu sulit kurang lebih sekitar 13 km dari mekar sari, sebelum mencapai kota wisata kampung cina sebelumnya pengunjung akan melewati perumahan yang khusus rumah rumah mewah dengan ciri khas dari berbagai negara, kalau tertarik pengunjung dapat berhenti sejenak untuk mengagumi ataupun sebagai obyek foto karena disana juga terdapat taman taman dengan patung patung yang unik dan mempunyai arsitektur yang indah seperti misalnya patung liberty, patung indian dan masih banyak lainnya.


Pertama kali pengunjung akan melihat sebuah bangunan khas dinasti cina seperti kota terlarang dengan bentuknya yang setengah lingkaran dengan tulisan besar gerbang kemakmuran dengan ukiran dua naga disampingnya terdapat dua patung prajurit yang hampir dua kali tinggi orang biasa dengan membawa pedang dan obor, sesuai namanya gerbang kemakmuran biasanya pengunjung percaya dengan berfoto di depan gerbang tersebut akan membawa kemakmuran juga bagi kehidupannya.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi kota wisata kampung cina sebaiknya menjelang imlek ataupun liburan panjang seperti libur lebaran karena ketika itu akan banyak acara acara dan ramai dengan pengunjung lainnya dan khususnya menjelang imlek dikampung cina akan banyak lampion lampion dan terkadang ada pertunjukkan barongsai, sedangkan diluar itu kampung cina biasanya sepi dan tidak banyak pengunjung, namun tidak menyenangkannya kalau terlalu ramai toilet biasanya akan antri panjang dan tempatnya akan kotor dan tidak terawat terkadang sedikit becek.

Ketika pengunjung memasuki kampung cina didalamnya terdapat jembatan kecil seharusnya dibawah jembatan tersebut terdapat ikan ikan mas yang kecil kecil namun sepertinya sekarang sudah tidak tampak lagi, terdapat kursi kursi batu di depan kios kios yang tersedia, dan ada beberapa patung lainnya, walaupun nama kota wisata ini adalah kampung cina mungkin karena memang kampung cina yang lebih terkenal dan pasti selalu dicari terlebih dahulu oleh pengunjung padahal sebenarnya didalamnya terdapat banyak kampung kampung yang lainnya seperti kampung jepang, kampung indonesia serta kawasan amerika, pengunjung dengan mudah dapat menemukan kampung kampung yang lainnya dengan bantuan petunjuk arah dengan tulisan yang jelas.



Khusus dibagian kampung cina disana terdapat banyak kios kios dengan arsitektur cina nya yang kental dan didominasi dengan warna merah serta hiasan lampion lampionnya kios kios tersebut menjual berbagai macam baju chongsam, payung, tas, dompet, bordiran khas cina, dan lain sebagainya dan antara kios satu dengan yang lainnya menjual barang yang tidak jauh berbeda dengan harga yang hampir sama, rata rata harga nya masih terjangkau dan hampir mirip dengan harga dimangga dua.

Sedangkan dikampung indonesia terlihat rumah daerah dan bangunan yang menggambarkan negara indonesia dengan ciri khas replika patung ikan dan buaya serta bangunan khas bali, begitu memasuki gerbang utama dari kampung cina, kampung yang pertama kali ditemui adalah kampung indonesia ini sehingga pengunjung pasti menjelajahi kampung indonesia terlebih dahulu.

Kampung jepang yang juga terdapat dikampung cina ini, sedikit banyak pengunjung dapat mempunyai gambaran negri matahari tersebut dimana terdapat patung yang sedang memegang samurai dan suasananya dibuat mirip menyerupai di negri jepang.

Adapula kawasan amerika diambil menyerupai wilayah country yang merupakan salah satu ciri khas dari amerika yaitu dunia koboi dimana terdapat patung dan kereta dengan patung kuda lengkap dengan koboi yang menunggangi.

Untuk masuk ke kota wisata kampung cina ini tidak perlu tiket masuk siapa saja dipersilahkan untuk mengunjunginya mau berbelanja ataupun hanya sekedar untuk mengambil obyek foto, dan dibelakang kampung cina disini terdapat suatu tempat dengan nama fantasy island dengan replika dinosaurus yang besar, yang dihubungkan melalui jembatan, pengunjung dapat menuju fantasy island ini.

Di fantasy island ini pastinya menjadi tempat favorit anak anak tetapi pengunjung wajib membayar sebesar tiket masuk sebesar Rp. 15.000,-, terdapat beberapa wahana permainan seperti flyng fox yang memacu adrenalin, sepeda air, water ball, mobil yang mengunakan baterai, dan ditempat ini juga terdapat berbagai tanaman yang asri.

Dan di fantasy island ini juga tersedia danau buatan untuk dijelajahi dengan perahu naga, ataupun perahu motor, apabila pengunjung telah cukup jumlahnya maka perahu naga akan segera berangkat, pengunjung akan dibawa untuk melihat lihat pemandangan disekeliling danau buatan dan terakhir adalah pemandangan sebuah jembatan yang terlihat dari kejauhan maka kemudian perahu naga akan kembali ke dermaga dan selesai lah perjalanan dengan perahu naga tersebut.

Disini juga tersedia kedai kedai makanan dimana tersedia berbagai pilihan makanan seperti bakso, mie ayam, gorengan dan siomay dan beberapa minuman dan makanan ringan lainnya.

Apabila hendak ke kampung cina diharapkan membawa payung karena cuacanya yang sangat terik dan apabila menjelang liburan panjang sebelum pengunjung memasuki gerbang kemakmuran disepanjang jalan sudah terdapat banyak acara – acara promo, dan banyak aneka jajanan, sangat disayangkan dikampung cina ini ada beberapa bangunan bangunan nya yang kurang terawat sehingga mengurangi keindahan yang seharusnya dapat dinikmati oleh para pengunjung.

sumber / edit / www / yf
YUSUF

Hai, saya adalah seorang Digital Marketing dan Content Writer dan sangat menyukai dunia otomotif dan travel. Salam kenal :)

Lebih baru Lebih lama