EXPOSTASE: Jakarta Marathon 2014 Digelar Oktober Jakarta Marathon 2014 Digelar Oktober | EXPOSTASE

Jakarta Marathon 2014 Digelar Oktober

Perhelatan akbar berskala internasional Jakarta Marathon 2014 kembali digelar pada Minggu, 26 Oktober 2014. Acara yang telah diselenggarakan untuk kedua kalinya ini akan melombakan lima nomor lari, yaitu: 42,195 km (full marathon), 21 km (half marathon), 10 km, 5 km, dan maratoonz 1,3 km untuk anak-anak.


Seperti tahun sebelumnya, rute Jakarta Marathon 2014 akan membawa para elite runners, atlet nasional dan peserta lainnya menikmati beragam landmark Kota Jakarta, seperti Kawasan Kota Tua, Fatahillah Square, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, Monas dan Bundaran Hotel Indonesia. Joko Widodo selaku Gubernur DKI Jakarta dan akan menjadi presiden terpiih sekaligus founder telah mengkonfirmasi kehadirannya dalam acara tersebut.

Kegiatan yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI ini diharapkan dapat mengoptimalkan potensi sumber daya daerah secara maksimal sehingga mampu mewujudkan Jakarta sebagai destinasi wisata minat khusus kelas dunia, khususnya wisata sport tourism.  Demi menyukseskan Jakarta Marathon 2014, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan hadiah senilai 2,4 miliar bagi peserta yang berhasil menjadi pemenang.

"Jakarta Marathon merupakan termasuk sport tourism terbesar di Indonesia yang sudah berstandar internasional, kalau bisa acara ini diselenggarakan selamanya, akan ada festival budaya yang membuat marathon ini berbeda dengan marathon lainnya," jelas Sapta Nirwandar, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada konferensi pers Jakarta Marathon 2014, Jakarta, Minggu (24/8).

Sentuhan budaya itu dibungkus dalam acara Festival City Marathon yang digelar bersamaan dengan Jakarta Marathon 2014. Ndang Mawardi selaku promotor dari Inspiro mengatakan, akan ada mini show yang menampilkan kesenian dari seluruh Indonesia. Ini merupakan hasil kerja sama Jakarta Marathon 2014 dengan Pemerintah Daerah dan pihak Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Jadi bisa dibayangkan nanti di spot tertentu ada pertunjukkan rampak gondang, disertai spanduk rampak gondang dan kampanye visit daerahnya. Mereka akan bermain musik selama 7 jam terus menerus di 20 titik, ini diharapkan dapat menyemangati para pelari," kata Ndang Mawardi.

Dari sebanyak 15 ribu peserta yang ditargetkan, hingga saat ini sudah terdaftar 4 ribu orang peserta yang diantaranya terdiri dari 500 peserta dari 31 negara, seperti Jepang, Inggris, Perancis, Australia, Kenya dan Singapura.

Jakarta Marathon 2014 direncanakan berlangsung pukul 05.00-12.00 WIB. Nantinya akan ada 5 ribu personil satuan polisi dan pramong praja yang akan menjaga keamanan jalur. Sosialisasi pengosongan jalan kepada warga pun akan dilaksanakan dari jauh-jauh hari. Ini sekaligus memberitahu warga yang ingin menyaksikan Festival City Marathon agar tidak perlu berbondong-bondong ke Monas. Mereka dapat berkunjung ke titik-titik pertunjukkan yang terletak dekat dengan tempat tinggalnya.

Tidak hanya sekadar ajang lari, Jakarta Marathon 2014 juga akan diawali oleh Sport Running Expo yang diselenggarakan di Jakarta Covention Center (JCC) pada 23, 24 dan 25 Oktober mendatang. Pameran tersebut menyuguhkan perlengkapan lari mulai dari sepatu, kaus, topi, jam dan lainnya. Ada pula kegiatan bakti sosial kemanusiaan berupa donasi kepada Palang Merah Indonesia (PMI) oleh Indokasih.com.

Keterangan lebih lanjut mengenai pendaftaran Jakarta Marathon 2014 dapat diakses melalui www.thejakartamarathon.com atau hubungi PT. Inspiro Mega Impresario di Menara Jamsostek, North Tower, 16th floor. Jalan Jenderal Gatot Subroto No.38, Jakarta.

edit/source : iyuza/indonesiatravel
YUSUF

Hai, saya adalah seorang Digital Marketing dan Content Writer dan sangat menyukai dunia otomotif dan travel. Salam kenal :)

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama