EXPOSTASE: ISIS berhasil menguasai bendungan terbesar di Irak ISIS berhasil menguasai bendungan terbesar di Irak | EXPOSTASE

ISIS berhasil menguasai bendungan terbesar di Irak

Pejuang dari Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengambil alih bendungan terbesar Irak yang sebelumnya dikuasai oleh para pejuang Kurdi, yang juga kehilangan tiga kota dan ladang minyak pada hari Minggu untuk kelompok militan Sunni, kata beberapa saksi mata, menurut kantor berita Reuters.


Pengendalian bendungan bisa memberikan ISIS kemampuan untuk membanjiri kota-kota besar di Irak

Sementara itu, ISIS juga menyita dua kota kecil di Irak utara setelah mengusir pasukan keamanan Kurdi, pejabat dan warga mengatakan, menurut Associated Press.

Militan ekstremis Sunni telah memaksa puluhan warga mengungsi dari kota-kota agama campuran Zumar dan Sinjar, dekat kota yang dikuasai militan wilayah Kurdi utara.

ladang minyak 

Sebelumnya pada Minggu, militan ISIS telah berhasil menguasai sebuah ladang minyak dekat kota Irak Zumar setelah pertempuran dengan pasukan Kurdi yang memiliki kendali atas wilayah itu.

ISIS memperingatkan warga di desa-desa terdekat di sepanjang perbatasan dengan Suriah untuk meninggalkan rumah mereka, menunjukkan mereka sedang merencanakan serangan, kata saksi.

Pejuang ISIS menewaskan 16 tentara Kurdi dalam serangan di Irak utara, sementara 30 pasukan pro-pemerintah tewas memerangi jihad di garis depan lainnya, kata para pejabat Sabtu.

Zumar adalah pos Kurdi mayoritas kecil barat laut dari Mosul, yang digunakan untuk berada di bawah kontrol pemerintah federal tetapi diambil alih oleh Peshmerga pada bulan Juni.

Pejuang ISIS, yang sudah berjalan sebagian besar wilayah tetangga Suriah, melancarkan serangan terik pada tanggal 9 Juni  berhasil menguasi Mosul, kota kedua Irak, dan pindah ke banyak jantung Sunni di negara itu.

Banyak pasukan pemerintah mundur dalam menghadapi serangan dari ISIS , dan kesempatan untuk mengisi kekosongan dan merebut daerah-daerah lama yang di tinggalkan

source : english-arabiya/reuters
YUSUF

Hai, saya adalah seorang Digital Marketing dan Content Writer dan sangat menyukai dunia otomotif dan travel. Salam kenal :)

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama