EXPOSTASE: Trik Liburan Sendiri dengan Budget Terbatas Trik Liburan Sendiri dengan Budget Terbatas | EXPOSTASE

Trik Liburan Sendiri dengan Budget Terbatas

INFO TRAVEL - Banyak orang memanfaatkan paket tur untuk mendapatkan pengalaman liburan yang lebih lengkap dengan harga lebih murah. Dalam satu paket tur, biasanya sudah terjadwal jelas tujuan serta rangkaian kegiatan selama liburan. Selain itu, paket tur umum juga memberikan pengalaman untuk berbaur bersama wisatawan lain.


Di sisi lain, wisatawan yang lebih menyukai liburan spontan dan penuh petualangan cenderung akan menghindari paket tur. Orang seperti ini lebih suka mengatur liburannya sendiri agar dapat memaksimalkan petualangannya karena paket tur yang teratur bisa jadi malah membuat diri terbatasi. Permasalahan umum yang dihadapi wisatawan tipe mandiri seperti demikian adalah budget.

Bila Anda lebih menyukai liburan mandiri, jangan lagi pusing untuk merencanakan liburan. Ada beberapa tips sederhana yang terbukti dapat memaksimalkan petualangan meskipun budget terbatas. Simak tipsnya berikut ini :

Tentukan tujuan dan gali informasi wisata murah di tempat tersebut

Pikirkan dengan matang tujuan liburan Anda. Telusuri berbagai sumber dari internet dan majalah untuk menggali informasi tentang tujuan tersebut.

Berbaurlah dalam komunitas travelling (khususnya backpacker) yang tersebar di berbagai media sosial. Saat ini telah banyak akun regional media sosial yang khusus berbagi informasi mengenai travelling.

Di sana Anda dapat menggali informasi mengenai spot-spot menarik yang sesuai dengan kebutuhan liburan Anda, aktivitas menarik yang dapat dilakukan, jalur perjalanan plus pilihan transportasi yang paling murah, serta penginapan dan restoran rekomendasi.

Bertemanlah dengan salah satu orang lokal di komunitas tersebut. Sebagai sesama pecinta travelling, yang bersangkutan akan dengan senang hati memberikan rekomendasi terbaik dan termurah untuk liburan Anda. Pilih orang lokal agar bisa mendapat kesempatan berbaur dengan penduduk lokal. Bersiaplah untuk diajak makan di rumah penduduk, mendapatkan harga murah saat belanja di pasar lokal, dan syukur-syukur diberikan tempat menginap gratis.

Naik pesawat kini lebih hemat

Jika Anda hendak berlibur ke daerah yang cukup jauh, lebih baik naik pesawat. Menggunakan pesawat memastikan waktu perjalanan antarkota/pulau lebih singkat dan nyaman. Hal ini akan membuat Anda tetap segar ketika sampat tujuan dan langsung siap menghadapi petualangan yang sesungguhnya.

Jangan khawatir masalah biaya. Jika Anda rajin mengecek perkembangan harga tiket pesawat saat liburan, Anda akan menemukan bahwa saat ini ongkos naik pesawat cenderung lebih hemat dari transportasi lainnya. Beberapa maskapai andalan di Tanah Air yang terkenal sangat ekonomis adalah Citilink, Air Asia, Batavia Air, Sriwijaya Air dan Lion Air. Booking sesegera mungkin setelah menemukan maskapai apa yang ingin Anda gunakan.

Booking online minimal 1 bulan sebelum keberangkatan

Semakin jauh Anda memesan tiket pesawat dari tanggal keberangkatan, semakin murahlah harga yang ditawarkan. Untuk memesan tiket pesawat, sebaiknya Anda membiasakan diri melakukannya melalui situs agen booking online yang terpercaya karena biasanya mereka menawarkan harga yang lebih murah.

sumber/edit : tempo/iyuza
YUSUF

Hai, saya adalah seorang Digital Marketing dan Content Writer dan sangat menyukai dunia otomotif dan travel. Salam kenal :)

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama