EXPOSTASE: Protes atas China, 113 Orang Tewas Bakar Diri di Tibet Protes atas China, 113 Orang Tewas Bakar Diri di Tibet | EXPOSTASE

Protes atas China, 113 Orang Tewas Bakar Diri di Tibet

Tibet– Telah banyak yang dikorbankan Tibet untuk bisa merdeka dari Cina. Sejumlah protes terjadi. Namun, pemerintah Cina tampaknya tak terganggu dengan hal itu. Hingga akhirnya warga Tibet menggunakan cara bakar diri untuk menarik perhatian Cina dan global.


Menurut laporan SaveTibet.org pada April lalu, setidaknya sudah 131 orang tewas akibat bakar diri ini sejak 27 Februari 2009 di Tibet dan Cina. Aksi bakar diri ini dilakukan semua kalangan, dari pria hingga wanita, tua dan muda, serta dari berbagai golongan, termasuk para biksu.


Dari jumlah korban bakar diri ini, 110 di antaranya pria dan 21 di antaranya wanita. Dua puluh empat di antara mereka berusia 18 tahun ke bawah. Tak sampai di situ, aksi bakar diri ini melibatkan 26 para biksu.
Cina memang telah memerintah Tibet sejak tahun 1950.

Ribuan orang, termasuk pemimpin spiritual Dalai Lama, melarikan diri ke pengasingan di India setelah pemberontakan mengalami kekegagal terhadap kekuasaan Cina beberapa tahun kemudian.


Banyak watrga Tibet yang merasa budaya Budha mereka berada pada risiko penghancuran oleh dominasi politik dan ekonomi Beijing dan migrasi mayoritas Cina penganut Han ke wilayah Himalaya. Sementara, upaya kemerdekaan tampaknya menemui jalan buntu, Dalai Lama dan pemimpin Tibet lainnya mengajukan otonomi sebagai “Jalan Tengah” untuk kesejahteraan Tibet.

source : tempo/www/voa
YUSUF

Hai, saya adalah seorang Digital Marketing dan Content Writer dan sangat menyukai dunia otomotif dan travel. Salam kenal :)

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama