EXPOSTASE: Para Ahli temukan Korek api tertua di Dunia Para Ahli temukan Korek api tertua di Dunia | EXPOSTASE

Para Ahli temukan Korek api tertua di Dunia

Para peneliti dari Israel mengatakan artefak misterius yang terbuat dari batu dan tanah liat dari zaman Neolitikum mungkin adalah korek api tertua di dunia.


Benda-benda yang ditemukan tersebut sebenarnya bukan baru, namun selama ini para ahli mengira benda-benda tersebut adalah simbol budaya semacam lingga dan yoni.

Para ahli menelusuri sejarah pembuatan api oleh manusia melalui bukti berupa sisa-sisa api. Diperkirakan pertama kali manusia di kawasan Eurasia mengenal api 250.000 tahun yang lalu.

"Kita memiliki bukti bahwa manusia modern dan Neanderthal membuat api, yang berupa arang, abu, dan tungku. Nah, bagaimana api itu dibuat, para ahli belum pernah menemukan buktinya," kata Naama Goren-Inbar dari Universitas Hebrew Jerusalem.

Kajian tentang korek api ini berawal dari kunjungannya ke satu museum di Jerusalem. Fungsi khusus Goren-Inbar tertarik dengan sejumlah benda yang ditemukan di situs arkeologi Sha'ar HaGolan, yang ia perkirakan tidak sekedar benda budaya.

Ia memperkirakan benda-benda tersebut, yang diperkirakan berusia 8.000 tahun, memiliki fungsi khusus.

"Saya mengamati benda-benda tersebut dan yang muncul dalam benak saya adalah benda ini mirip dengan alat yang dipakai untuk membuat api. Dari sini saya bersama beberapa ahli lain melakukan kajian secara mendalam," papar Goren-Inbar.

Dengan teknik pengamatan mikro, Goren-Inbar menyimpulkan bahwa benda berbentuk silinder ini pernah diputar berulang kali dengan kecepatan tinggi.

Di benda lain, sementara itu, ditemukan bekas pernah tergesek benda berbentuk silinder. Bila digabungkan dua objek ini mirip dengan alat yang dipakai untuk membuat api di zaman modern.

Tim pimpinan Goren-Inbar makin yakin bahwa ini adalah "korek api" setelah mereka menemukan bekas api dan benda lain yang diperkirakan berfungsi untuk membantu memutar silinder tersebut dalam kecepatan tinggi.

edit/source : iyuza/bbc
YUSUF

Hai, saya adalah seorang Digital Marketing dan Content Writer dan sangat menyukai dunia otomotif dan travel. Salam kenal :)

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama