EXPOSTASE: Kuningan Sebagai Gerbang Wisata Budaya Sunda Kuningan Sebagai Gerbang Wisata Budaya Sunda | EXPOSTASE

Kuningan Sebagai Gerbang Wisata Budaya Sunda


KUNINGAN, (PRLM).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) setempat, kini tengah menjajagi wacana untuk menjadikan daerahnya sebagai gerbang wisata budaya sunda.

Hal itu dikemukakan Kepala Disparbud Kuningan, Teddy Suminar kepada "PRLM", Minggu (5/2). "Kuningan sebagai pintu wisata budaya Sunda yang sedang kami jajagi untuk diwujudkan, adalah gagasan dari Pak Bupati (Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda-red.). Untuk sementara, perwujudan Kuningan sebagai gerbang wisata budaya Sunda, sekarang masih berupa wacana. Akan tetapi bukan sekadar wacana angan-angan," ujar Teddy.

Teddy, menuturkan, dilihat dari letak geografis dan kultur budaya masyarakatnya, Kab. Kuningan, sangat tepat mengambil posisi sebagai pintu masuk wisata budaya Sunda di Jawa Barat (Jabar).

"Selain posisi wilayahnya yang berbatasan langsung dengan wilayah provinsi Jawa Tengah (Jateng), Kuningan juga memiliki aneka potensi wisata budaya sunda," tutur Teddy.

Misalnya, berupa cagar budaya, kesenian dan makanan tradisional, berbagai upacara adat, serta budaya sunda yang masih melekat kuat dalam kultur kehidupan sehari-hari masyarakat di Kab. Kuningan.

Untuk mendukung wacana tersebut tadi, menurut Teddy, belum lama ini Bupati Kuningan H. Aang hamid Suganda, juga telah meminta pihaknya segera menggali serta menumbuhkembangkan berbagai tata nilai budaya Sunda yang pernah dan masih terpelihara di Kab. Kuningan.

"Terkait dengan itu, Pak Bupati juga, telah meminta kami untuk merancang dan membuat sebuah kampung wisata budaya Sunda. Untuk sementara, kami telah membidik kampung wisata budaya Sunda itu, di sekitar lokasi wisata Cagar Budaya Cipari, di Kec.Cigugur," katanya.

Namun di balik itu Teddy menyatakan, sejauh ini pihaknya belum bisa melangkah jauh menggali potensi serta merancang perwujudan wacana tersebut karena masih terbentur keterbatasan anggaran.

Oleh karena itu, Teddy, menyebutkan, untuk mewujudkannya, pihaknya juga akan berupaya menggaet dukungan termasuk bantuan biayanya kepada pemerintah provinsi Jabar dan ke pemerintah pusat

sumber : pikiranrakyat.com
YUSUF

Hai, saya adalah seorang Digital Marketing dan Content Writer dan sangat menyukai dunia otomotif dan travel. Salam kenal :)

Lebih baru Lebih lama